Dewa Bejo, Desa dengan Aneka Ragam Wisata

Dewa Bejo

Dewa Bejo atau desa wisata Bejiharjo merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten gunungkidul yang terletak di kecamatan Karangmojo tidak jauh dari ibu kota kabupaten Gunungkidul atau wonosari.  Jumlah penduduk  kurang lebih mencapai 14.600 jiwa dengan jumlah kaka 3.830 dengan mata pencaharian utama sebagai petani dan pedagang.

Potensi wisata yang beragam  membuat desa ini sering menjadi tujuan wisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Desa ini menjadi daerah yang melimpah akan air bersih hal ini berbeda dengan daerah lain di kabupaten gunungkidul yang kesulitan air bersih. Hal ini dikarena adanya sumber mata air bawah tanah yang muncul kepermukaan.  Desa wisata memberikan tujuan wisata yang sangat komplek yakni  berupa sisi budaya, sisi alam, sejarah dan edukasi.

Dewa Bejo, desa dengan aneka ragam wisata

Dari sisi alam anda akan diajak untuk menyusuri goa, karena diwilayah ini terdapat banyak goa yang bisa dijadikan wisata petualangan anda diantaranya Goa pindul, goa Glatik, goa Banyumoto, telaga Mriwis putih, sendang sumurup,  dll. Namun yang paling bagus dan sudah menjadi ungulan dan banyak peminatnya adalah Goa Pindul. Goa yang mempunyai stalagtit terbesar dan juga indah karena didalamnya terdapat juga stalaktit yang menyerupai tirai. Untuk wisata alam lain yakni oyo river tubing.

Artikel Terkait : Goa Pindul, Menikmati arus sungai bawah tanah dengan panorama yang menakjubkan

Dari sisi sejarah yang dapat anda pelajari adalah Situs Megalitikum Sokoliman (sejarah Manusia Purba). Dan juga Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman yang merupakan monumen penanda peristiwa pengeboman desa bejiharo yang merupakan rute kisah perjalanan pejuang kemerdekaan yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman pada waktu agresi militer Belanda pertama tanggal 21 Juli 1947. Dusun gelaran desa bejiharjo tersebut sebagai markas setelah perjalanan melalui panggang menuju perbatasan wonogiri.

Sedangkan dari seni dan budaya bisa anda saksikan Wayang beber Mangunjoyo, Doger, Gejog lesung, cerita legenda Gedong gelaran, dan egrang.   Untuk wayang beber merupakan khazanah yang amat langka, didunia hanya tinggal dua yakni satu dipacitan dan satu di dusun gelaran, yang masuk desa wisata Bejiharjo. Selain masih ada wisata pendidikan berupa budidaya lele skala rumah tangga, penyulingan minyak kayu putih dan juga pembuatan blangkon solo maupun mataram.

Untuk mendukung keberadaan desa wisata disediakan pula homestay sebanyak 15 buah dengan biaya sebesar Rp. 25.000 per orang untuk yang kelas sederhana dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu. Sedang untuk kelas atas biaya sebesar Rp. 30.000 per orang dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, gazebo. Adapun paket wisata alam di Desa wisata Bejiharjo antara lain

  1. Paket A; berupa Cave tubing Gua Pindul dengan biaya Rp. 30.000 /orang, dengan fasilitas Jasa Pemandu, asuransi, dan perlengkapan yakni ban pelampung,jaket pelampung dan sepatu
  2. Paket B; berupa Caving gelatik dengan biaya Rp. 30.000 / orang dengan fasilitas jasa pemandu, asuransi dan perlengkapan berupa cover all, senter dan sepatu.
  3. Paket C; Oyo river tubing dengan biaya Rp. 50.000 / orang dengan peserta minimal 5 orang, dengan fasilitas Jasa pemandu, Kelapa muda, transportasi, asuransi.

Baca Juga : Sewa Bus Bandara Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

How to get there :

  • Dari yogyakarta dengan kendaraan umum jurusan wonosari kemudian ganti dengan angkutan yang menuju arah Karangmojo
  • Kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat

Incoming search terms:

  • dewa bejo
  • gua pindul yogyakarta
  • gua pindul jogja
  • dewa bejo gua pindul
  • Wisata Jogja Gua Pindul
  • gambar goa pindul
  • desa bejiharjo yogyakarta
  • goa pindul jogjakarta
  • wisata kuliner update jogja
  • paket wisata alam jogja
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order