Goa Gelatik, Keindahan yang Terselimuti Gelap

Goa Gelatik

Goa gelatik merupakan goa alam yang ada di daerah karang mojo tepatnya berada dalam wilayah desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul dan masih merupakan bagian dari paket wisata di desa wisata Bejiharjo. Keberadaan goa alam ini menjadi salah satu tujuan wisata yang mendukung keberadaan desa wisata Bejiharjo tersebut. Goa ini sebelumnya sebagai tempat bertapa bagi orang orang yang menghendaki sesuatu agar terwujud keinginannya tersebut. Namun sejak dibuka sebagai tempat wisata sudah tidak ada lagi yang menggunakannya.

Untuk memasuki goa ini akan didampingi oleh pemandu goa gelatik, goayang disediakan oleh pengelola dengan beberapa perlengkapan yakni berupa helm untuk menjaga kepala kita dari benturan dinding goa, dan juga sepatu agar selama perjalan didalam goa yang agak licin, jadi menjaga anda tidak terpeleset, kemudian tabung oksigen untuk berjaga jaga jika nantinya kehabisan oksigen didalam goa karena goa ini kedap udara dan satu perelengkapan lagi yang lain yakni lampu senter. Fasilitas tersebut anda dapatkan dari pengelola dengan membayar retribusi masuk sebesar Rp. 30.000,- per orang.

Artikel Terkait : Berburu Nikmatnya Makanan Khas Gudeg Jogja di Kampung Wijilan, Sentra Gudeg Yogyakarta

Pintu goa yang sempit membuat petualangan jelajah goa semakin lengkap, untuk memasuki goa ini anda harus merangkak ataupun menduduk dengan menempuh jarak kurang lebih 15 meter. Goa tersebut termasuk goa kering karena tidak seperti goa pindul yang merupakan aliran sungai. Namun tanah goa tetap saja agak becek karena tetesan air dari stalaktit. Kondisi yang gelap, lembab serta kedap udara membuat tantangan sendiri bagi anda yang punya nyali untuk meyusuri goa ini.

Goa Gelatik, Keindahan yang Terselimuti Gelap

Didalam goa anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dengan adanya stalaktit dan stalakmit yang masih berproduksi, jadi jangan pernah anda memegang batu batu yang masih mengalirkan air, karena kelalawar, goa, gelatikberarti merupakan stalaktit atau stalakmit yang masih hidup. Dan hal ini pasti akan diingatkan oleh pemandu sebelum anda memasuki goa, hal ini dimaksudkan agar keberadaan stalaktit dan stalkmit tersebut masih bisa berkembang.

Bagi anda yang ingin merasakan air yang mengalir lewat stalaktit dan stalakmit tersebut yang konon bisa membuat anda awet muda dan cantik jika diusapkan ke muka harus menunggu sampai menetes dari ujung stalaktit dan stalakmit. Sedangkan stalaktit dan stalakmit yang sudah mati juga tak kalah menariknya, menjadi penghias dinding goa sehingga dinding goa semakin berkilauan jika terkena sinar lampu. Benar benar suatu keindahan dalam gelap yang sangat menakjubkan.

Baca Juga : Sewa Bus Bandara Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

How to get there :

  • Dari yogyakarta dengan kendaraan umum jurusan wonosari kemudian ganti dengan angkutan yang menuju arah Karangmojo
    Kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang dapat dikunjungi Oyo river tubing

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi berada di kawasan kota Yogyakarta diantaranya Hotel Ibis Malioboro atau Malioboro Inn Hotel

Incoming search terms:

  • goa glatik
  • gambar goa
  • goa gelatik yogyakarta
  • goa gelatik jogja
  • cerita goa glatik yogyakarta
  • lokasi karangmojo wonosari
  • pantai di karang mojo gunung kidul
  • pariwisata karangmojo
  • peta karangmojo
  • tempat wisata d kec karangmojo
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order