Desa Wisata Kemuning, Menjadi Tujuan Wisata Baru Gunungkidul

Desa Wisata Kemuning

Desa Wisata Kemuning, Keberadaan desa wisata akhir akhir ini semakin mengeliat, hal ini sebagai obyek alternatif disamping obyek wisata yang sudah ada. Obyek wisata di gunung kidul terbilang cukup banyak dan lengkap baik wilayah pantai, goa, situs purbakala dan masih banyak lainnya. Keberadaan desa kemuning semakin menambah wahana wisata di kabupaten Gunung kidul tersebut.

Desa wisata Kemuning terletak didesa Bunder, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta pada ketinggian 200 meter diatas permukaan laut dengan luas pemukiman 25 Ha dan luas keseluruhan seluas 90,37 Ha. Nama Kemuning sendiri diambil dari nama pohon yang dikaitkan dengan nama desa mereka yang awalnya didirikan oleh Mbah Reso Wijoyo yang hingga saat ini sudah mencapai 8 trah. Desa ini dapat dicapai dari Yogyakarta melalui jalur joga wonosari hingga pertigaan Kerjaan atau sekitar km 25 ambil arah selatan sekitar 100 meter hingga pertigaan gunung ambil kiri. Terbentuknya desa wisata Kemuning tidak terlepas dari warga desa yang tergabung dalam Pokdarwis yang berdiri pertengahan april 2012 sekaligus sebagai pengelola desa wisata kemuning ini.

Artikel Terkait : Gunung Nglanggeran, Gunung Purba dan keunikannya

Desa Wisata Kemuning Jogja

Keberadaan desa wisata kemuning yang berada di perbukitan yang cukup tinggi maka anda sepanjang perjalan sebelum masuk desa wisata ini dapat melihat pemandangan yang sangat indah dengan hijaunya  dedaunan berbagai pepohonan, namun yang paling dominan adalah pohon kayu putih.

Beberapa obyek wisata dapat anda nikmati di desa wisata ini yang dirangkum dalam beberapa paket wisata desa. Telaga Kemuning menjadi satu yang paling banyak dikunjungi, dengan luas 1 Ha dan kedalaman 2,5 hingga 3 m musim penghujan dan 1 meter pada musim kemarau. Untuk saat ini telaga ini juga sudah dilengkapi dengan beberpa permainan yakni perahu bebek kayuh, dengan biaya Rp. 10.000 sekali keliling area telaga. Dan bagi yang senang memancing area ini juga bisa dimanfaatkan sebagai area pemancingan  Lokasi lain yang masih bernuansa alam yakni keberadaan hutan milik perhutani dan wanagama serta warga setempat. Yang banyak digunakan sebagai tempat penelitian ilmiah oleh para mahasiswa dan pelajar.

Keindahan lokasi yang menakjubkan berpadu dengan habitat alam berupa kicauan burung yang bersautan menambah kenyamanan untuk menikmati suasana alam pedesaan yang alami. Beberapa fasilitas disekitar lokasi juga sudah dibangun antara lain MCK, Gazebo dan beberapa bangunan lainnya. Tempat ini juga dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan yang baru dilaunching pada 10 Juni 2012 yang lalu.

Baca Juga : Sewa Bus Bandara Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari yogyakarta jurusan wonosari turun di pertigaan Kerjan
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Tempat terdekat :

  • Gunung Nglangeran
  • Desa wisata Jelok

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi berada dikawasan kota Yogyakarta diantaranya Omah Lawas Homestay atau Hotel Jentra Yogyakarta

Incoming search terms:

  • wisata dusun kemuning
  • air terjun hutan wanagama
  • daerah kemuning untuk perkemahan
  • gambar daerah kemuning
  • hutan wisata gunung kidul
  • penginapan murah daerah kemuning
  • tlogo kemung jogja
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order