Eksotisme Goa Gebyok

Goa Gebyok

Kawasan Gunung Kidul mempunyai berbagai tujuan wisata yang menarik seperti pantai, air terjun dan goa. Kebanyakan goa di sini merupakan jalur air bawah tanah. Bentuknya bermaca-macam, vertikal maupun horisontal. Wisata eksplorasi goa yang paling disukai pelancong adalah goa Pindul yang selalu dipenuhi pengunjung.

Selain goa pindul, di Gunung Kidul aktivitas susur gua bisa dilakukan di goa Gebyok. Bagi Anda yang menyukai tantangan serta petualangan bisa mencoba kegiatan ekstrem ini. Lokasi goa tidak jauh dari pantai Siung yang berada di Kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

Disebut sebagai aktivitas ekstrem karena untuk menjangkau tempat ini Anda harus melewati ladang milik penduduk sejauh 1 km dari jalan raya yang menuju pantai Siung. Sesampainya di mulut goa Anda akan melihat bentuk goa yang semi vertikal. Terdiri dari 5 susun tebing dengan kemiringan 60 derajat sepanjang 60 meter. Kemudian berturut-turut 5 meter, 7 meter, 8 meter dan 20 meter. Jika berada di dasar goa tanpa lampu, kita akan merasakan kegelapan.

Artikel Terkait : Pantai Drini, Keindahan Pantai yang Teduh Terapit oleh Bukit Karang

Eksotisme Goa Gebyok

Aroma kelelawar serta suara gemericik air yang menetes terdengar sangat jelas. Setelah melewati mulut goa, kita akan dihadapkan pada jalur horisontal. Ketinggian dinding goa yang bervariasi membuat pengunjung harus merangkak dan berenang dalam air maupun lumpur.

Rasa penat Anda akan terbayar karena keindahan goa ini sangat memesona. Ornamen goa yang bisa Anda lihat adalah column, gours, pearl (mutiara), rimestone, flowstone, soda straw, bacon, pop corn, gourdam, caullflower, helektit, stalaktit, stalakmit, gorden dan masih banyak lagi.

Oyya, karena pintu keluar goa berupa lubang dengan diameter 60 cm maka Anda harus mewaspadainya. Sebaiknya aktivitas susur gua didampingi pemandu atau orang berpengalaman.

How to get there :

Untuk menuju ke lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum sangat jarang sekali. Anda bisa menggunakan Pantai Siung sebagai basecamp sebelum memulai caving goa

Baca Juga : Sewa Bus Stasiun Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

Tempat terdekat :

Selain pantai Siung lokasi terdekat yang dapat Anda kunjungi diantaranya Air Terjun Pantai Jogan atau Pantai Wediombo

Hotel terdekat :

Di sekitar lokasi belum ada penginapan, Anda bisa bermalam di kota Yogyakarta dengan pilihan hotel yang cukup banyak diantaranya Whiz Hotel, Grage Yogya Hotel atau Hotel Jentra Yogyakarta

Incoming search terms:

  • mata air yang ada di jogja
  • pesona bawah tanah
  • rute perjalanan ke pantai jogan dari klaten
  • sumber mata air di yogyakarta
5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order