Goa Asri, Goa Gereng dan Goa Emas Pesona Bawah Tanah Gunung Kidul

Goa Asri

Goa Asri, gunung kidul merupakan wilayah yang terkenal dengan tanah tandusnya, namun di lain sisi juga memiliki berbagai lokasi yang indah dan menakjubkan. Pengelolaan secara maksimal akan menjadikan daerah ini menjadi tujuan wisata yang sangat fantastis. Bisa kita lihat berbagai wisata pantai yang mempunyai ciri dan keindahan masing-masing di sisi selatan

Kabupaten Gunungkidul yang membentang dari barat sampai ke timur. Masih terdapat berbagai macam goa yang sebagian teraliri air bawah tanah dengan stalagnit dan stalagmit yang sangat memukau.

Satu lokasi lagi yang akan membuat Anda berdecak kagum yakni tiga goa yang letaknya tidak jauh dari Goa Pindul yakni di Padukuhan Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Ketiga goa yang berangkaian tersebut adalah Goa Asri, Goa Gereng dan Goa Emas. Ketiga Goa merupakan perpaduan goa vertikal dan horisontal.

Anda akan menuruni tebing untuk memasuki Goa Asri yakni sekitar 10 meter dari perkebunan warga. Di dalam Goa Asri kita akan mendapatkan pemandangan yang indah berupa stalagnit dan stalagmit yang sangat menggagumkan. Panjang goa sekitar 136 meter dengan aliran air bawah tanah dengan ketinggian yang bervariasi sekitar 20 hingga 30 centimeter.

Artikel Terkait : Pantai Sepanjang, Kuta Tempo Dulu yang Masih Asri

Di Goa Asri ini juga terdapat batu yang mirip soko guru namun ukurannya lebih kecil. Sebelumnya warga sekitar menggunakan air dalam goa yang mengalir . Namun seiring kemampuan warga membuat sumur tersendiri maka sudah jarang warga mengambil air dari goa. Sebelumnya goa Asri juga sebagai sarang beberapa hewan malam seperti codot, kalong dan pasung.

Goa Asri, Goa Gereng dan Goa Emas Pesona Bawah Tanah Gunung Kidul

Memasuki Goa Gereng pantulan sinar matahari yang mengenai stalagtit dan stalagmite menjadikan pemandangan menjadi lebih menakjubkan. Oleh karena itu disarankan untuk datang pada waktu pagi menjelang siang. Ditempat ini juga terdapat aliran air yang tidak terlalu deras dan jernih dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Goa ini merupakan petilasan Glatik Madrim, seorang patih dari kerajaan Malawapati yakni kerjaan yang terbentuk sebelum berdirinya kerjaan Mataram Kuno. Pada sisi kanan goa ini terdapat tempat bertapa patih Gelatik Madrim.

Goa Emas tepatnya berada di sebelah barat dari Goa Gereng. Jarak Goa Gereng dengan Goa Emas sepanjang 383 meter. Dinamakan dengan goa emas karena di tempat ini Anda akan menyaksikan pemandangan yang menyerupai serpihan emas pada dinding goa. Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya fenomena tersebut. Selain itu aliran sungai bawah tanah juga tak kalah menakjubkan dibanding dengan Goa Gereng dan Goa Asri.

Untuk menikmati keindahan tiga goa tersebut pihak pengelola memberikan tarif sebesar Rp. 25.000/orang dengan fasilitas perlengkapan berupa jaket pelampung, lampu senter, sepatu karet, dan helm khusus serta jasa pemandu yang akan mengantar Anda menyusuri keindahan ketiga goa.

Baca Juga : Sewa Bus Stasiun Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

How to get there :

Untuk menuju lokasi ini sama persis dengan lokasi Goa Pindul, yakni dari Wonosari menuju arah Karangmojo setelah bertemu dengan bunderan Sihono ikuti jalur tersebut hingga menjumpai papan nama bertuliskan jelajah wisata goa. Lokasi ini dapat di capai dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Hotel terdekat :

Disekitar lokasi belum terdapat hotel, jika Anda ingin bermalam sekaligus menghabiskan malam di Yogyakarta bisa menginap di hotel di sekitar Malioboro yang menyediakan banyak pilihan. Diantaranya adalah Grage Yogya Hotel, Hotel Ibis Malioboro atau Whiz Hotel

Tempat terdekat :

Selain Goa Pindul wisata lain yang mengasyikkan adalah susur sungai Oya atau River Oya Tubing.

Incoming search terms:

  • stalagnit
  • gunungkidul asri
  • malawapati gunung kidul
  • peta bawah tanah di jogja
  • www ada emas di dalam goa
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order