Air Terjun Sri Gethuk, Gemuruh air yang terdengar di Sepanjang Musim

Air Terjun Sri Gethuk, Gemuruh air yang terdengar di Sepanjang Musim

Air Terjun Sri Gethuk, Eksotisme alam Gunung Kidul memang tidak pernah habis-habisnya dinikmati, dengan aneka pantai, Goa, saat ini kita bisa melihat gemuruh air terjun di dusun Bleberan  tepatnya berada ditepi sungai Oya, yakni dusun  Menggoran desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Akses jalan yang harus ditempuh sama dengan akses kalau hendak ke Goa Rancang Kencono dan anda dapat menyusuri  jalan yang terbuat dari batu gamping krmudiasn pematang sawah atau bisa menggunakan Gethek  (sejenis rakit) untuk melawan arus sungai oya dengan membayar ongkos sebesar Rp. 5.000,- pulang pergi. Sembari menyusuri sungai oya ini anda akan mendapati pemandangan yang indah luar biasa yakni  tebing kapur di kanan kiri sungai  yang mnyerupai Grand Canyonnya Indinesia.

Air Terjun Sri Gethuk

Kawasan Gunung Kidul memang terkenal dengan kondisi yang tandus dimana susah dalam mendapatkan air apalagi untuk musim kemarau. Namun untuk air di Air terjun ini tidak pernah berhenti mengalir.Dengan debit air yangmencapai 80 liter/detik dengan ketinggian sekitasr 24 m, air terjun ini merupakan penyatuan dari  3 sumber mata air yakni dari mata air Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Selain sebagai sumber air terjun sebagaian juga dipakai untuk mengaliri sawah dan ladang. Jadi jangan heran tempat desa ini kelihatan  hijau  disegala musim.

Air terjun Sri Gethuk juga sering di sebut Air terjun Slempret. Nama Slempret diambil dari satu cerita mengenai keberadaan air terjun yang sering terdengar bunyi  seperti slompret  yakni alat musik tiup. Masyarakat sekitar mempunyai keyakinan bahwa air terjun tersebut merupakan tempatnya para jin, yang keberadaannya dipimpin oleh sorang jin bernama Jin Anggo Menduro.

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh dan Belajar Budaya dan Seni Batik di Kampung Laweyan Surakarta

Para jin tersebut sangat menyukai dengan kesenian, maka pada saat saat tertentu dari balik air terjun terdengar suara salah satu jenis alat musik terbut namun kalau didekati suara tersebut menghilang. Nah dari cerita tersebut menjadikan nama air terjun tersebut seperti nama alat musik yang terdengar dari air terjun tersebut.

Disarankan juga kalau pada saat musim penghujan ada baiknya para pengnjung tidak melewati gethek  karena arus sungai oya sangat deras.

Untuk menikmati air terjun Sri Gethuk ini anda tidak lagi dikenai biaya masuk karena sudah termasuk area wisata Goa Rancang Kencono. Jadi sangatlah eksotis jalur wisata ini bisa menikmati keindahan 2 obyek yang berbeda yakni goa dan air terjun sekalian. Kami yakin bahwa  jika anda berkunjung dketempat ini pasti  tak akan pernah berhenti berdecak kagum !!!

Baca Juga : Bus Jogja dan Paket Wisata Jogja Terbaik

Incoming search terms:

  • air terjun sri gethuk
  • sri gethuk
  • wisata alam gunung kidul
  • sri gethuk playen
  • pemandangan air terjun
  • goa sri gethuk
  • sri gethuk gunung kidul
  • sri gethuk air terjun
  • air terjun sri gethuk yogyakarta
  • srigetuk
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
New Order