Sunset Candi Ijo

Jika Ratu Boko sering dikunjungi oleh mereka yang suka dengan pemandangan sunset, demikian juga dengan Candi Ijo. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat candi ini memiliki pemandangan yang indah. Dari bukit tersebut kita bisa melihat aktivitas pesawat di Bandara Adi Sucipto dari kejauhan. Hamparan pemandangan sawah nan hijau juga bisa kita saksikan dari sana.

Bukit dimana candi ini berada dikenal dengan nama Gumuk Ijo. Bukit tersebut merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Candi ini persisnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Berada pada ketinggian sekitar 425 mdpl.

Candi Ijo diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai abad ke-11 pada jaman Kerajaan Medang di periode Mataram. Kompleks candi terdiri atas teras yang berundak-undak. Kompleks percandian utama berada di ujung sebelah timur. Sebuah candi besar yang merupakan candi utama akan kita temukan di ujung timur kompleks percandian. Candi ini menghadap ke arah barat. Candi tersebut didampingi oleh beberapa candi pewara alias candi pendamping.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Sunset Candi Ijo ini, Jogja Indo Trans rental bus jogja, sewa bus jogja yang menyediakan jasa rental sewa bus pariwisata di Jogja Yogyakarta, Semarang Solo dan Magelang. Tersedia minibus elf - hiace, big bus, medium bus dan menyediakan Info Wisata Jogjareservasi hotel, paket tour wisata jogja, paket wisata jogja dan sewa mobil jogja open trip Jogja Yogyakarta murah!