Info Wisata

Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan

Tidak banyak yang tahu bahwasanya di dalam Komplek Candi Prambanan terdapat beberapa candi lainnya, salah satunya dalah Candi Sewu yang merupakan komplek candi Buddha yang keindahannya tidak kalah dengan Candi Prambanan.  Candi Sewu adalah candi Buddha Mahayana abad ke-8 yang terletak 800 meter di utara Candi Prambanan di Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu sebenarnya kompleks Candi Budha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur dan lebih tua dibanding Candi Prambanan. Nama candi berasal dari bahasa Jawa yang berarti “seribu candi”, meskipun kompleks candi hanya terdiri dari 249 candi. Nama asli candi ini diperkirakan adalah Manjusrigrha .

Candi ini merupakan salah satu candi yang ada di Komplek Candi Prambanan dan merupakan komplek candi Buddha terbesar yang ada di kawasan ini. Berbentuk persegi panjang, Candi Sewu memiliki panjang 185 meter dari utara keselatan dan lebar 165 meter dari timur ke barat. Pintu masuk ditemukan di keempat mata angin namun jika dilhat dari tata letak bangunan candi maka pintu masuk utama berada di sisi timur. Di setiap pintu masuk cadi dijaga oleh sepasang patung-patung Drawapala.

Terdapat 249 bangunan candi yang diatur dalam pola Mandala sebagai ekspresi pandangan alam semesta dalam Buddha Mayapada. Candi-candi lebih kecil disebut candi perwara, terdiri dari 240 candi dengan desain yang sama dan diatur dalam empat baris persegi panjang. Candi utama memiliki ukuran diameter 29 meter dengan tinggi hingga 30 meter. Candi utama memiliki lima kamar, satu Garbhagriha besar di tengah dan empat kamar kecil di setiap arah mata angin.  Pada tiap penjuru mata angin terdapat struktur bangunan yang menjorok ke luar, masing-masing dengan tangga dan ruangan tersendiri dan dimahkotai susunan stupa.

Candi Sewu jarang dikunjungi wisatawan karena banyak yang tidak mengetahui keberadaan candi ini walau dekat dengan Candi Prambanan. Walau tidak sepopuler Candi Prambanan, candi ini tetap menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang menyukai wisata candi. Selepas menikmati keindahan Candi Prambanan, wisatawan dapat berjalan menuju candi ini dan

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan ini, Jogja Indo Trans rental bus jogja, sewa bus jogja yang menyediakan jasa rental sewa bus pariwisata di Jogja Yogyakarta, Semarang Solo dan Magelang. Tersedia minibus elf - hiace, big bus, medium bus dan menyediakan Info Wisata Jogjareservasi hotel, paket tour wisata jogja, paket wisata jogja dan sewa mobil jogja open trip Jogja Yogyakarta murah!

Pantai Slili, Pantai Munggil nan Indah di Gunungkidul

Tak akan ada habisnya untuk membuat daftar nama-nama pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari Baron di ujung bagian barat hingga pantai yang paling timur yaitu Pantai Sadeng. Semua pantai memiliki keunikannya masing-masing, ada yang menyerupai Tanah Lot di Bali ada yang merupakan tempat berselancar dan ada juga tempat favorit untuk snorkling. Pantai yang akan dibahas kali ini adalah di Pantai Slili sebuah pantai mungil di Gunung Kidul.

Pantai Slili lokasinya menyempil di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang terpisahkan oleh 2 buah bukit. Garis pantai di Slili tidak panjang hanya sekitar 100 meter namun pantai ini digemari oleh banyak wisatawan karena tidak seramai pantai lainnya dan juga dekat dengan Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Penggunjung dapat bermain air atau berburu ikan di antara karang-karang pantai. Jika sedang malas bermain air, penggunjung dapat bersantai di gazebo-gazebo yang berderet di pinggir pantai menikmati deburan ombak pantai selatan sembari menikmati kelapa muda atau makanan laut lainnya yang dijajakan di warung-warung yang ada di pantai.

Karena lokasinya yang besebelahan dengan Pantai Sadranan, di pantai ini juga menyediakan jasa snorkling. Para penggunjung yang ingin ber-snorkling dapat menyewa alat di operator snorkling yang ada. Begitu perlangkapan telah lengkap maka seorang pemandu akan mengajak pengunjung berenang dan kemudian menuju lokasi penyelaman. Sensasi berenang di laut lepas dan merasakan terjangan ombak akan menjadi pengalaman yang akan selalu diingat seumur hidup dan tidak perlu kuatir karena sang pemandu akan menjaga Anda dengan sebaik-baiknya.

 

Pantai Goa Cemara: Menikmati Debur Ombak Pantai Selatan di Bawah Rindangnya Pohon Cemara

Kabupaten Bantul selama ini hanya dikenal dengan Pantai Parangtritis-nya yang melegenda padahal kabupaten ini memiliki pantai-pantai lain yang tidak kalah indah dan menarik lainnya salah satunya adalah Pantai Goa Cemara. Dinamai Goa Cemara karena di pantai ini banyak ditemui pohon-pohon cemara yang saking rimbunya tampak seperti lorong goa sehingga warga sekitar menamainya Pantai Goa Gemara

Yang menjadi daya tarik dari pantai ini tentu saja pohon-pohon cemara yang ada di sana yang membuat para penggunjung betah untuk berlama-lama berada di pantai ini. Wisatawan yang datang untuk berliburan di pantai ini bisa menikmati pemandangan hamparan pasir pantai yang membentang luas, melihat deburan ombak samudera sembari berteduh di bawah pohon cemara dan tentu saja melihat matahari terbenam di kala senja tiba.

Saat musim liburan tiba banyak penggunjung baik dari Jogja maupun luar Jogja yang datang ke pantai ini.  Banyak yang datang bersama keluarga atau teman, menikmati liburan bersama-sama untuk sejenak menghilangkan stres yang ada. Di hari biasa, banyak juga pengunjung yang datang ke pantai ini, umumnya adalah pasangan muda-mudi yang ingin menikmati suasana pantai berdua. Menikmati angin pantai sembari menanti senja tiba untuk melihat matahari terbenam di ufuk barat.

Pantai Goa Cemara lokasinya terdapat di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Pantai ini berada di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansari sehingga tidak susah mencari pantai ini karena aksesnya mudah. Banyak petunjuk arah yang di pasang di pinggir jalan untuk memudahkan para wisatawan yang hendak menuju pantai ini. Jalanan menuju pantai pun mulus dan banyak pemandangan indah seperti hamparan pesawahan saat akan memasuki kawasan pantai.

Fasilitas yang ada di Pantai Goa Cemara sangat lengkap. Banyak warung-warung yang berdiri di pantai ini sehingga penggunjung tidak perlu khawatir kehabisan bekal. Kamar mandi dan toilet pun tersedia di sini. Terdapat juga musolla bagi yang ingin beribadah. Selain itu tersedia pula tempat-tempat untuk mengdakan pertemuan dan bagi yang ingin outbound, bisa melakukannya di Pantai Goa Cemara. Oleh karena itu, jika ada waktu dan kesempatan datanglah ke pantai ini.

Page 6 of 7:
First ... 4 5 67 Last

Jasa SEO Website Murah