Info Wisata

Bukit Panguk Kediwung, Pesona Pagi Penuh Magi

Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta – Menyusuri Jogja di pagi hari merupakan satu keasyikan tersendiri. Apalagi jika kamu mau bergerak ke arah Bantul, tepatnya ke daerah Dlingo. Memiliki topografi berbukit dan diselingi aliran Sungai Oya yang mengular membelah tebing menjadikan pagi di kawasan Dlingo terasa begitu syahdu. Sebelum matahari terbit, biasanya kabut akan memenuhi lembah Sungai Oya dan dataran rendahnya sehingga kamu seolah berada di atas lautan awan. Salah satu tempat tempat yang menyajikan pesona pagi menakjubkan seperti ini adalah Bukit Panguk, Kediwung.

Awalnya tidak ada yang spesial dengan kawasan ini, hanya perkampungan biasa yang banyak ditumbuhi pohon jati serta berbatasan dengan jurang di mana Sungai Oya mengalir. Seiring maraknya aktivitas wisata melihat pagi berkabut di Kebun Buah Mangunan, warga pun menyadari potensi daerahnya. Bahwa ternyata tiap pagi lembah Sungai Oya yang ada di dekat perkampungan warga juga selalu dipenuhi kabut putih laksana lautan kapas. Maka dimulailah pengembangan Bukit Panguk Kediwung sebagai alternatif wisata baru.

Description: https://i1.wp.com/www.njogja.co.id/wp-content/uploads/2017/08/Wisata-Murah-Jogja-Bukit-Panguk-Kediwung-2.jpg?resize=500%2C333&ssl=1

Di kebun jati yang menghadap ke jurang ini dibangunlah anjungan dan jembatan bambu yang menjorok ke tebing. Saat pagi tiba, sembari menyaksikan mentari yang muncul dengan malu-malu, wisatawan bisa berfoto di anjungan-anjungan tersebut berlatarkan lautan kabut yang menutupi permukaan lembah. Sesaat foto-foto yang dihasilkan serupa dengan foto di atas gunung tinggi.

Nantinya saat matahari sudah tinggi, kabut akan menghilang perlahan dan menampilkan keseluruhan lembah yang hijau. Namun sayangnya tidak setiap hari kabut tersebut muncul. Di musim kemarau biasanya kabut tidak terlalu tebal bahkan cenderung menghilang. Namun di musim penghujan tiba, kabut akan menjadi teman sehari-hari. Meski tidak bertemu kabut, perjalananmu tak akan sia-sia. Sebab ada banyak hal indah lain yang akan kau temukan di Bukit Panguk Kediwung.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatam Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari ppusat kota Yogyakarta bisa ditempuh sekitar 45-60 menit perjalanan. Akses menuju tempat ini terbilang mudah. Dari Terminal Giwangan, kamu bisa lurus terus ke Selatan menyusuri jalan Imogiri Timur. Sesampainya di Kecamatan Imogiri arahkan kendaraanmu menuju Dlingo (Kebun Buah Mangunan). Puncak Panguk Kediwung berjarak sekitar 2 km dari Mangunan. Kamu tak perlu takut tersesat, sebab sudah banyak petunjuk arah menuju tempat wisata yang ngehits ini.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Bukit Panguk Kediwung, Pesona Pagi Penuh Magi ini, Jogja Indo Trans rental bus jogja, sewa bus jogja yang menyediakan jasa rental sewa bus pariwisata di Jogja Yogyakarta, Semarang Solo dan Magelang. Tersedia minibus elf - hiace, big bus, medium bus dan menyediakan Info Wisata Jogjareservasi hotel, paket tour wisata jogja, paket wisata jogja dan sewa mobil jogja open trip Jogja Yogyakarta murah!

Hutan Pinus Pengger, Tangan Raksasa di Antara Pucuk Pinus

Hutan Pinus Pengger, Yogyakarta – Membincangkan tentang hutan pinus di Jogja pasti yang pertama terpikir adalah Hutan Pinus Mangunan yang sudah eksis sejak lama atau Puncak Becici yang sempat dikunjungi Obama saat melawat ke Yogyakarta. Ternyata, selain kedua hutan pinus tersebut, Jogja masih menyimpan banyak hutan pinus yang cantik. Salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger.

Seperti layaknya hutan pinus pada umumnya, Pengger menawarkan pesona hutan pinus yang alami dan asri, lengkap dengan aroma getah pinus yang sangat khas. Di Pengger, wisatawan bisa berjalan kaki masuk ke hutan yang dipenuhi pohon pinus berukuran tinggi. Karena kerapatan dan ketinggian pohonnya, suasana di sini terasa sangat teduh, bahkan di beberapa titik agak gelap karena cahaya matahari tidak bisa menembus masuk hingga ke bawah.

Topografi Hutan Pinus Pengger mirip dengan kontur tanah di Puncak Becici yang berbukit.  Untuk sampai ke tengah area hutan pinus, wisatawan harus berjalan kaki melewati anak tangga tanah. Jika musim penghujan tiba, tangga ini akan sangat licin. Karena itu sebaiknya saat berkunjung ke sini gunakanlah alas kaki yang nyaman.

Description: https://i1.wp.com/www.njogja.co.id/wp-content/uploads/2017/08/Wisata-Murah-Jogja-Hutan-Pinus-Pengger.jpg?resize=500%2C281&ssl=1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain menikmati kesegaran dan keindahan hutan pinus, wisatawan yang berkunjung ke Pengger juga bisa berswafoto di beberapa lokasi menarik yang sudah dibangun oleh pengelola. Lokasi selfie tersebut antara lain berupa rumah pohon, jembatan kayu dari pohon ke pohon, instalasi seni berupa tangan raksasa dari jalinan kayu, serta lubang raksasa yang menghadap ke arah kota Jogja. Saat malam tiba, wisatawan bisa menyaksikan kerlip lampu kota dari tempat ini.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari kawasan Kota Yogyakarta, tempat ini berjarak sekitar 25 km dan bisa dijangkau sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Meski masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul, Hutan Pinus Pengger lebih mudah diakses dari Jalan Wonosari yang menghubungkan Yogyakarta dengan Gunungkidul. Dari Jogja, kamu tinggal menyusuri Jalan Wonosari, Piyungan, Bukit Bintang kemudian akan tiba di Pathuk (GCD FM). Jika ke arah kiri menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, maka kamu belok ke kanan menuju Jalan Raya Patuk – Dlingo. Silakan susuri jalan tersebut sekitar 4,5 km, nantinya kamu akan menemukan Hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Biaya untuk menikmati pesona Hutan Pinus Pengger cukup murah yakni hanya Rp2.500 per orang. Parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000 dan parkir bis Rp20.000. Sedangkan jika ingin berfoto di spot-spot selfie, kamu cukup memasukkan uang seikhlasnya sebagai biaya pengembangan tempat wisata ini.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Hutan Pinus Pengger, Tangan Raksasa di Antara Pucuk Pinus ini, Jogja Indo Trans rental bus jogja, sewa bus jogja yang menyediakan jasa rental sewa bus pariwisata di Jogja Yogyakarta, Semarang Solo dan Magelang. Tersedia minibus elf - hiace, big bus, medium bus dan menyediakan Info Wisata Jogjareservasi hotel, paket tour wisata jogja, paket wisata jogja dan sewa mobil jogja open trip Jogja Yogyakarta murah!

Candi Borobudur, Monumen Budha Termegah di Dunia

Candi Borobudur merupakan candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra dan merupakan monumen Budha termegah di dunia. Karena kemegahan dan keagungannya, candi yang dibangun pada abad ke-8 ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (world heritage).

Hampir semua wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta mengincar Borobudur sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Begitu pula halnya bagi wisatawan domestik. Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Yogyakarta namun tidak mampir ke candi megah yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini.

Candi Borobudur memang layak dikunjungi oleh siapapun karena candi ini merupakan Candi Budha termegah di dunia dan menjadi bukti kejayaan nenek moyang bangsa Indonesia di masa lampau. Bayangkan saja, di jaman serba manual tanpa bantuan komputer dan tanpa alat canggih apa pun nenek moyang kita mampu membangun monumen raksasa dari batu kali dan semuanya tersusun rapi dengan sistem interlock (saling mengunci satu sama lain). Belum lagi kehebatan para senimannya yang mampu memahat 2672 panel relief secara berkesinambungan. Konon jika panel relief tersebut disusun secara berjajar akan memiliki panjang 6 kilometer. Wow!

Wisatawan yang mengunjungi Borobudur bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Dari tingkat pertama berjalan ke kiri kemudian baru naik ke tingkat selanjutnya, begitu terus hingga mencapai puncak. Jika jeli, wisatawan akan menemukan banyak relief yang menarik.

Selain menikmati kemegahan cadi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur juga terdapat banyak hal menarik yang bisa dikunjungi atau dicoba. Bagi pecinta museum, wisatawan dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa secara gratis. Wisatawan juga bisa menaiki gajah tunggang, kereta kelinci, maupun sepeda tandem untuk mengelilingi kompleks Borobudur.

Menikmati Sunrise dan Sunset Borobudur

Menikmati indahnya Candi Borobudur terasa kurang lengkap jika hanya dengan berjalan kaki mengitari lorong-lorong candi dan naik hingga tingkat teratas. Hal yang harus wisatawan coba adalah menikmati sunrise atau sunset di atas candi. Duduk bersandar di dinding batu yang penuh dengan relief sambil menikmati sinar mentari yang perlahan muncul dari balik gunung dan menerpa bangunan candi akan membuat pagi semakin sempurna. Atau bisa juga menunggu mentari yang mulai lindap di cakrawala dari puncak candi dan menyaksikan perubahan warna mega. Semua hal ini akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan.

Berhubung momen sunrise dan sunset sudah di luar jam buka Candi Borobudur, maka wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas candi harus membeli tiket khusus di Hotel Manohara yang terletak satu kompleks dengan candi. Tiket sunrise maupun sunset borobudur sebesar Rp 380.000 (wisatawan asing), Rp 250.000 (wisatawan domestik), dan Rp 230.000 bagi wisatawan yang menginap di Hotel Manohara. Untuk reservasi bisa menghubungi nomor (0293) 788131, 788680.

Tips Mengunjungi Borobudur

  • Lokasi Borobudur yang sangat luas dan harus ditempuh dengan berjalan kaki akan membuat wisatawan mudah lelah. Karena itu bagi wisatawan disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman berupa sandal atau flat shoes. Jangan kenakan high heels atau wegdes supaya kaki Anda tidak menderita.
  • Bawalah payung atau topi sebagai pelindung diri dari teriknya sinar mentari.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah di pagi hari saat Borobudur baru buka atau sore hari. Selain matahari tidak terlalu menyengat, pada jam-jam tersebut kondisi Borobudur tidak terlalu ramai sehingga wisatawan bisa mengambil gambar dengan puas.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Candi Borobudur, Monumen Budha Termegah di Dunia ini, Jogja Indo Trans rental bus jogja, sewa bus jogja yang menyediakan jasa rental sewa bus pariwisata di Jogja Yogyakarta, Semarang Solo dan Magelang. Tersedia minibus elf - hiace, big bus, medium bus dan menyediakan Info Wisata Jogjareservasi hotel, paket tour wisata jogja, paket wisata jogja dan sewa mobil jogja open trip Jogja Yogyakarta murah!

Page 5 of 7:
First ... 3 4 56 7 Last

Jasa SEO Website Murah